Selasa, 12 Oktober 2010

Nutrisi Untuk Sperma

Siapa bilang hanya tubuh saja yang butuh nutrisi agar fit terus. Sperma juga butuh nutrisi lho. Kira-kira nutrisi apa saja yang diperlukan oleh sperma? Ini dia!

Tak jauh seperti tubuh, sperma juga perlu vitamin dan zat-zat sejenis lainnya yang berfungsi untuk menjaga vitalitas. Sumbernya juga macam-macam, dari makanan, multivitamin dan banyak lagi.

Radikal Bebas
Radikal bebas ternyata bertanggungjawab besar atas rusaknya 40% jumlah sperma. Namun kerusakan ini bisa dilawan dengan antioksidan seperti vitamin C, E, beta karotin, selenium, zinc, buah blackberry dan blueberry, bawang putih, strawberry, plum, brokoli, cabe merah dan banyak lagi.

Zat Asam
Zat ini juga diperlukan oleh sel telur dan produksi sperma. Beberapa praktisi kesehatan akan memberikan zat asam seperti I-arginin untuk memperbaiki kesuburan. Tapi jangan mengkonsumsi arginin jika Anda punya penyakit herpes, itu akan menyebabkan kerusakan yang lebih fatal. Dapatkan zat asam ini dari makanan seperti ikan, telur, susu, kacang polong, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan labu serta banyak lagi.

Vitamin
Vitamin A adalah zat yang paling diperlukan untuk produksi hormon seks pria. Ini adalah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Vitamin A juga penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Vitamin ini bisa meningkatkan jumlah dan ukuran sperma dan menekan pertumbuhan sperma yang abnormal. Dapatkan dari telur, buah-buahan dan sayur-sayuran yang kuning, seluruh produk susu, sayur berdaun hijau gelap dan minyak ikan.

Vitamin B6 (piridoksin) bila digabungkan dengan zat besi bisa membentuk formasi hormon seks pria. Vitamin ini menyebabkan kemandulan pada binatang. Sumbernya dari seluruh biji-bijian, kacang, beras coklat, daging, ikan, kuning telur, sayuran berdaun hijau dan banyak lagi.

Vitamin B12 dan folat diperlukan untuk proses sintesis DNA dan RNA. Kedua zat ini mencetak kode genetik terhadap seluruh tubuh. Kekurangan zat ini akan membuat produksi sperma jadi abnormal, mengurangi jumlah sperma dan menghambat pergerakan sperma. Temukan zat ini dalam daging kambing, ikan sarden, salmon dan makanan fermentasi. Folat bisa didapat dari brokoli, asparagus, oatmeal, susu, salmon, biji-bijian, sayuran berakar dan banyak lagi.

Vitamin C adalah antioksidan yang juga bisa melepaskan radikal bebas. Ini diperlukan untuk produksi sperma yang sehat. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan cacat saat melahirkan. Vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat menambah jumlah dan kelincahan sperma. Sumber vitamin C paling banyak bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi, anggur, nanas, strawberry, mangga, juga kentang, bayam, tomat dan banyak lagi.

Vitamin E juga merupakan zat antioksidan. Bisa membantu sperma melakukan penetrasi pada sel telur. Vitamin E juga membantu degenerasi lapisan testicular. Dapatkan vitamin E dari daging, telur, kentang manis, kacang, biji-bijian, alpukat dan banyak lagi.

Selenium
Zat selenium ini juga bisa menyebabkan ketidaksuburan. Selenium diperlukan untuk menjaga sperma agar fit dan menjaga jumlah sperma. Selenium adalah antioksidan yang melindungi sel dalam sperma yang mengandung lemak. Sumbernya bisa dari tuna, ikan baring dan banyak lainnya.

Mangan
Mangan ini dilengkapi dengan penyerapan yang bagus untuk zat besi. Konsumsi suplemen mangan ini dengan makanan berprotein dan vitamin C. Kekurangan zat ini dapat membuat kemunduran fungsi testis, cacat bawaan, kemandulan, kegiatan seks menurun begitu juga dengan jumlah sperma. Mangan bisa ditemukan dalam wortel, brokoli, jahe, kacang, nanas, telur, padi, oat dan banyak lagi.

Zinc
Zat inilah yang biasanya ditemukan sedikit dalam tubuh. Zinc adalah zat yang penting untuk membentuk sel dan produksi sperma yang sehat. Zinc sangat diperlukan dalam metabolisme testoteron, pertumbuhan testis, produksi sperma, jumlah, gerak sperma dan mengurangi estrogen dalam reproduksi pria. Tiap kali berejakulasi, pria kehilangan 5 mg zinc. Alkohol menghabiskan zinc dalam tubuh. Asam folik, teh, kopi, penyerapan serat dan zat besi bisa mencegah penyerapan.

Jamu
Ginseng bisa meningkatkan tingkat hormon testoteron. Tribullus juga bisa membantu kesehatan produksi sperma dan dipakai untuk mengobati disfungsi seksual seperti impoten dan meningkatkan libido. Itulah mengapa produk jamu perkasa banyak menggunakan ginseng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar