Selasa, 12 Oktober 2010

Diet Kesuburan

Cobalah diet kesuburan dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan ovulasi. Jenis makanan yang dikonsumsi mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, baik darah, sel maupun hormon. Jika sedang merencakan kehamilan cobalah diet kesuburan yang diperkenalkan oleh Dr. Jorge E. Chavarro dan Dr. Walter Willett dari Harvard School of Public Health. Mereka menulis buku “The Fertility Diet”, yang berisi makanan apa saja yang bisa membuat wanita cepat hamil.

Selama delapan tahun, Chavarro dan Willett melakukan penelitian dengan melihat gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi 17.544 wanita yang mencoba untuk hamil. Hasilnya adalah mereka menemukan makanan yang bisa meningkatkan ovulasi, sehingga kesempatan untuk hamil menjadi lebih tinggi. Makanan-makanan tersebut antara lain :

- Asam lemak tak jenuh (Monounsaturated fats)
Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tinggi seperti avokad, minyak zaitun, dan kacang-kacangan. Sebaiknya, hindari atau kurangi konsumsi asam lemak jenuh, batasi hanya mengonsumsinya sebanyak 2 gram per hari. Asam lemak jenuh bisa bisa berdampak negatif pada jalur hormon insulin yang juga mengganggu kesuburan.

- Protein nabati
Wanita yang merencanakan kehamilan harus banyak mengounsumsi protein yang berasal dari nabati dibandingkan hewani untuk meningkatkan kesuburun. Daripada mengounsum daging merah, lebih baik konsumsi buncis, produk kedelai seperti tahu dan tempe, telur atau ikan sebagi sumber protein. Hindari atau kurangi konsumsi daging merah kalengan atau yang diproses karena mengandung nitrat yang tinggi penyebab infeksi.

- Gandum
Dengan mengounsumsi produk gandum dan sayuran yang mengandung serat tinggi, kesuburan akan semakin meningkat. Kurangi konsumsi roti putih, dan minuman bersoda karena makanan tersebut bisa mengurangi kesuburan dan meningkatkan gula darah yang bisa berdampak buruk jika Anda hamil.

- Produk susu
Perbanyak konsumsi produk susu, baik susu, yogurt, maupun keju. Produk susu merupakan sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Jika Anda alergi terhadap susu sapi, minumlah susu kedelai yang juga mengandung protein tinggi.

- Asam folat
Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tersebut antara lain, kacang polong, gandum, brokoli, pisang, pepaya, bayam, kangkung, daun salada, kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, dan stroberi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar