Selasa, 12 Oktober 2010

Body Basal Temperature (Suhu Basal Tubuh)

Suhu tubuh wanita dewasa menjadi rendah dan tinggi secara reguler setiap kali setelah masa ovulasi. Suhu tubuh kita akan tetap rendah hingga masa ovulasi, kemudian menjadi tinggi setelah masa ovulasi. Akan turun menjadi lebih rendah lagi setelah menstruasi. Khusus untuk wanita, ini cara bagaimana mengetahui suhu basal tubuh yang ideal. Bagi pria, terutama suami, ini juga tips dan trik yang harus dikuasai, karena dengan menghafal setiap perubahan suhu basal sang istri, bisa memprediksi kapan sang istri berada pada masa subur.

Perbedaan antara suhu tinggi dan rendah kurang dari 1°C. Suhu tubuh yang diukur untuk mengecek masa-masa rendah dan tingginya suhu tubuh merupakan suhu basal tubuh.

Suhu basal tubuh idealnya diukur di dalam mulut segera saat kita bangun tidur setiap pagi. Jika kita merekam suhu basal tubuh hingga beberapa bulan, kita akan melihat perubahan yang unik. Dari perubahan suhu basal tubuh tersebut, kita dapat memprediksi masa ovulasi dan menstruasi kita, kemudian kita dapat mengontrol kelahiran. Jika menstruasi kita tidak teratur kita bisa mendapatkan saran yang tepat berdasarkan rekaman/record suhu basal tubuh kita dari dokter kita.

Juga, kita dapat memprediksi kelainan menopause dari mengamati suhu basal tubuh kita. Suhu basal tubuh merupakan informasi penting bagi tiap wanita. Perubahan suhu basal tubuh tergantung pada tiap wanita. Rekam suhu basal tubuh secara kontinyu hingga paling sedikit 3 bulan dan konsultasikan ke dokter.

Caranya penggunaannya adalah dengan mengukur suhu basal tubuh kita setiap pagi secara reguler, segera waktu kita bangun tidur, sebelum kita melakukan kegiatan apapun, bergerak ataupun stretching.

Alat ukur tersebut (seperti thermometer biasa) dimasukkan ke dalam mulut diletakkan di bawah lidah bagian paling ujung kanan/kiri kemudian, mulut kita tutup selama pengukuran berlangsung.

------
Pengalaman Pribadi :::
Ini Link langsung gambar suhu BBT selama 1 siklus :
http://i48.photobucket.com/albums/f242/rafeilareggie/BBTkoeJpeg.jpg

Siklus aku 28 hari .. seharusnya ovulasi menurut perhitungan normal 28 hari itu di hari ke-14 .. setelah pake BBT, ketahuan ovulasi itu di hari ke-12 & 13.
(aku mens dr tanggal 24 desember .. tp baru tulis siklus dr tgl 25 desember)

Suhu pas ovulasi itu RENDAH, .. lebih rendah daripada suhu pas mens ...
Suhu pas mens : 36.00 selama 8 harian
Suhu SETELAH mens : 36.1-36.3
Suhu SAAT ovulasi : 35.8
Suhu SETELAH ovulasi : 36.4 - 36.7
Kalo suhu SETELAH OVULASI tetep bertahan diatas (36.4-36.7) selama kurang lebih 18 harian (udah lewatin tanggal mens) , bisa jadi anda HAMIL !!!!
Tapi kalo di hari ini, suhu tinggi .. besokannya drop ke suhu sebelom ovulasi (36.1-36.3), berarti anda akan MENSTRUASI. Meski mens nya ga keluar2, tp suhu rendah sampe sblm ovulasi .. bisa dipastikan anda TIDAK HAMIL, tapi stress aja jadi ga kluar2 mens nya.

SYARAT2 NGUKUR BBT :
1 . Diukur pas bangun pagi pertamaaa kali (ga boleh gerak2,stretching,pipis,dll)
2. Minimal dah tidur 3 jam
3. Ukur di 1 tempat aja (jangan dari vagina ke mulut/pantat ke mulut :p)
4. Demam bisa mempengaruhi suhu, jadi kalo pas ngukur..kita lagi demam, dikasih note dibawahnya kalo tanggal sekian lagi demam,tidur ga nyenyak,dll.
5. Lebih gampang pake termometer digital (kalo aku pake merk OMRON 60rb an)
6. termometer jangan taro di bawah lampu yang nyala
7. ngukur jangan ditempat yg terlalu panas/terlalu dingin
8. tar kalo inget ta'tambahin lagi :D ..

INGAT : suhu tubuh tiap orang itu BERBEDA .. jadi ga bisa dipatokin kalo suhu 36 derajat pas mens itu adalah suhu untuk setiap orang.
Suhu normal itu 35.5 - 36.5 .. diatas itu biasanya antara lagi hamil/ga enak badan.

Semoega Bermanfaaat ...

1 komentar: