Rabu, 17 April 2013

Menguak Mitos-mitos Tentang Keputihan

Oleh: Marmi Panti Hidayah

"Perempuan jangan banyak-banyak makan nanas atau timun, nanti keputihan." Benarkah anggapan tersebut?
  Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, dr. Yusrawati, SpOG (K) secara tegas menepis mitos itu. Dia memastikan tidak ada buah-buahan yang menimbulkan keputihan. Semua buah berfungsi menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ intim wanita, jantung, kulit, dan lainnya.

  Bahkan katanya, buah-buahan termasuk nanas maupun pisang ambon, justru perlu dikonsumsi agar tubuh tahan terhadap jamur atau keputihan. “Justru kurang makan buah-buahan malah bisa menimbulkan keputihan,” kata dokter spesialis obstetri & ginekologi ini, “karena daya tahan tubuh menurun dan ketika itu jamur mudah tumbuh.” Untuk itu, dr. Yusrawati menganjurkan agar tetap mengonsumsi buah-buahan dan sayur tersebut. Idealnya, jenis buah dan sayur yang dikonsumsi bervariasi dengan jumlah cukup. Kendati demikian, mengingat buah nanas bersifat asam dia mengingatkan agar memperhatikan lambung sebelum megonsumsinya. Jangan-jangan malah maagnya kumat.

  “Tetapi tidak ada hubungan makan nanas dengan keputihan,” tegas dokter yang berlatar belakang pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Universitas Indonesia.
  Lalu bagaimana terjadinya keputihan itu?

  Yusrawati kembali mengingatkan, pemicu keputihan adalah daya tahan tubuh yang lemah. Keputihan juga bisa terjadi karena vagina atau organ intim lembap.

  Daya tahan tubuh akan rendah jika kurang mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Nah, zat antioksidan itu sangat banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. “Oleh sebab itu makan buah sangat penting,” jelas dr. Yusrawati.

  Sebenarnya, lanjut dia, keputihan adalah hal biasa dialami wanita. Hanya perlu diketahui, apakah masih dalam katagori normal atau tidak? Keputihan dalam jumlah banyak masih bisa disebut normal, jika datang sebelum atau sesudah haid, atau pada saat hormonnya meningkat.

  “Ciri keputihan normal adalah: tidak berwarna seperti putih telur mentah, tidak berbau, serta tidak ada rasa gatal,” jelasnya.

  Keputihan tidak normal bisa dilihat dari warnanya yang berubah kekuningan atau kehijauan, lendirnya menjadi lebih kental, bergelembung-gelembung, berbau, dan gatal. Jika keputihan tidak lagi normal, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter, karena jika dibiarkan bisa berlanjut ke penyakit yang lebih serius.

  Keputihan tidak normal, ungkap Yusrawati, berarti telah terjadi infeksi di dalam vagina yang akan mengubah pH (derajat keasaman) vagina menjadi basa. Di dalam vagina atau organ intim ada yang namanya flora normal. Apabila ada yang tidak normal, maka asam vagina berubah. Flora-flora yang tidak normal akan tumbuh, sehingga menjadi infeksi.

Infeksi ini, katanya, tidak hanya ada di vagina, tapi bisa masuk hingga ke mulut rahim, saluran telur, serta akan menimbulkan bercak-bercak yang berpotensi menimbulkan infeksi di saluran rahim. Kondisi tersebut mempengaruhi organ reproduksi.

  “Jadi bagi yang belum punya keturunan, bisa saja sulit mendapatkan keturunan akibat infeksi di organ reproduksi,” tuturnya.

  Infeksi yang dibiarkan juga bisa memicu kanker rahim. Perubahan pH vagina membuat virus berpotensi masuk. Jika virus yang masuk katagori Human Papilloma Virus (HPV), akan memicu terjadinya kanker.
Untuk itu, wanita disarankan untuk menjaga kondisi vagina. Berikut rekomendasi dr. Yusrawati  agar vagina tetap bersih dan sehat:

  - Menempuh gaya hidup sehat.

  - Vagina harus dijaga agar tetap kering, jangan sampai lembap.

  - Sering berganti pakaian dalam, apalagi jika celana dalam dalam kondisi basah.

  - Jangan mengenakan pakaian dalam berbahan nilon atau bahan yang membuat vagina lembap.

  - Hindari mengenakan celana terlalu ketat, menempel seperti legging, karena udara tidak bisa masuk dan organ kewanitaan tidak bisa bernapas.

  - Hindari penggunaan pantyliner berpewangi. Parfum yang terkandung di dalamnya bisa membunuh flora-flora normal di vagina, kemudian berganti menjadi flora tidak normal. - Hindari penggunaan sabun pencuci vagina yang mengandung antiseptik. Antiseptik itu artinya membunuh segala bentuk kuman, termasuk kuman normal yang ada di vagina. Padahal flora normal dibutuhkan untuk menjaga pH vagina, dan flora normal ini bisa mati semua karena antiseptik. Cara paling aman membersihkan vagina: gunakan air bersih.

2 komentar:

  1. " jas, alhamdulilah dah uji dengan pregancy test, allamdulilah positive,dah 2 minggu,akhirnya penantian 8 tahun berakhir "^_^,

    INA ,KAJANG

    ALHAMDULILAH SERONOKNYA DENGAR BERITA DARI KAWAN SETELAH 8 TAHUN MENUNGGU ZURIAT SENDIRI, AKHIRNYA DENGAN KUASA ALLAH ,KAWAN SAYA MENGANDUNG 2 MINGGU

    =============================================================================

    ////my friend menggunanakan set kesuburan suami isteri -///////

    ++++she consume - GLA COMPLEX + ESP

    ++++ husband consume - ZINC + VITAMIN E
    ^^^^^^^^^^^_____^^^^^^^^________^^^^^^^_________^^^^^^________________^^^^^^
    Susah nak dapat zuriat ? mungkin PASANGAN ANDA MENGALAMI
    (/) CYST
    (/) SEGUGUT
    (/) SUAMI KURANG SPERMA
    (/) HORMON TIDAK STABIL
    (/) STERSS / TEKANAN
    (/) KEKURANGAN ZAT
    (/) TERLALU KURUS @ GEMUK
    (/) MINUMAN BERKAFIEN / BERAKOHOL



    DAH CUBA PELBAGAI RAWATAN hasilnya ttp sama ....belum ada rezeki
    kena sabar, selalu berdoa dan yakin ALLAH ITU MAHA PEMBERI, YA WAHAB
    Berdoalah kepadaNYA....insyaallah DIMAKBULKAN
    saya cadangkan kepada anda cuba dengan VITAMIN SHAKLEE
    Mana tahu rezeki anda dapat zuriat sendiri

    ALLAH MAHA MEMBERI REZEKI & MAHA PEMURAH
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
    boleh lihat
    TESTIMONIAL SUAMI ISTERI YG BERJAYA MENGGUNAKAN SET KESUBURAN SUAMI ISTERI
    @





    Untuk isteri:

    ESP (protein)
    • ESP bertindak untuk memastikan sel ovum sihat dan memudahkan persenyawaan.
    • merupakan makanan asas untuk memastikan sel-sel dalam badan sihat dan sempurna.

    GLA Complex


    • GLA membantu mereka yang mengalami kitaran haid tidak teratur atau tidak tetap serta masalah senggugut ketika pra haid yang selalu dialami oleh para isteri.
    • membantu meningkatkan kesuburan isteri sekaligus meningkatkan potensi untuk persenyawaan berlaku.
    • membantu untuk sperma hidup lebih lama dalam tiup fallopio lalu meningkatkan peluang untuk persenyawaan berlaku.

    Untuk suami:

    Zink

    • Kandungan zink dalam prostat lelaki adalah 10x ganda lebih tinggi daripada organ lain. Mesti diambil kerana zink merupakan mineral penting untuk kesuburan lelaki.
    • meningkatkan kualiti sperma lelaki dan sangat penting untuk keupayaan seksual lelaki.



    Vitamin E


    • lebih bertenaga dan meningkatkan keinginan seksual.
    • membantu membentuk sel sperma yang sihat.
    • juga bagus diambil oleh isteri untuk meningkatkan keinginan seksual



    mUGKIN SERASI DENGAN ANDA BERDUA ,
    TAK CUBA , TAK TAHU , DAH RASA, BARU TAHU.
    BAGI PASANGAN YANG INGIN MENCUBA BOLEH
    https://www.facebook.com/messages/ummi.husna.3?ref=tn_tnmn
    SMS/CALL/WHATSAPP/PM @ 012-2149154 ( UMMI HUSNA )
    Ikhlas
    Ummi Husna

    BalasHapus
  2. Buat teman-teman yang belum hamil, ini pengalaman saya pribadi, mungkin suaminya bisa coba sering-sering minum jus kacang hijau dan buah kelapa muda, mudah2an bisa membantu dan lebih lengkapnya bisa dibaca di Tips Hamil

    BalasHapus