Kamis, 17 Mei 2012

MACAM-MACAM GANGGUAN NYERI PADA PERUT WANITA

Informasi mengenai berbagai macam penyakit gangguan perut pada wanita yang sering terjadi dan mengganggu aktivitas wanita.
Apakah Nyeri panggul?
Sakit perut mengacu pada rasa sakit di perut bagian bawah pusar. Nyeri ini dapat menyertai berbagai kondisi. Ini mungkin sebuah tanda berbahaya kesuburan, gangguan pencernaan seperti IBS, atau bendera merah untuk keadaan darurat yang mengancam jiwa. Pada slide ke depan, kami menjelajahi 18 penyebab sakit panggul. Tapi pastikan untuk menemui dokter untuk diagnosis dan pengobatan.
Radang usus buntu
Ini adalah suatu peradangan usus buntu, sebuah tabung dari jaringan yang terhubung usus besar. Gejala-gejala termasuk rasa sakit yang tajam di perut bagian kanan bawah, muntah, dan demam. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, pergi ke UGD. Usus buntu yang terinfeksi harus diangkat dengan operasi atau akan akhirnya meledak, menyebarkan infeksi di dalam perut. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa.
Sindrome iritasi usus (IBS)
Irritable bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan sakit perut berulang, kram, kembung, dan diare atau sembelit. Dokter tidak tahu apa penyebabnya, tetapi ada strategi untuk mengontrol gejala. Ini termasuk perubahan pola makan, manajemen stres, dan obat-obatan untuk mengobati diare atau sembelit.
Mittelschmerz (Ovulasi Menyakitkan)

Jika Anda memiliki setengah menyakitkan kedutan antara periode Anda, Anda mungkin merasa tubuh Anda berovulasi. Selama ovulasi, indung telur melepaskan telur bersama dengan beberapa cairan dan darah, yang dapat mengiritasi lapisan perut. Hal ini  disebut mittelschmerz dari bahasa Jerman untuk “rasa sakit,” “tengah” dan karena itu terjadi pertengahan siklus. Rasa sakit dapat beralih sisi dari bulan ke bulan. Hal ini tidak berbahaya dan biasanya hilang dalam waktu beberapa jam.
PMS (Premenstrual Syndrome)
PMS dikenal untuk memicu perubahan suasana hati dan memakan makanan. Hal ini juga bisa menyebabkan kram perut, nyeri pinggang, sakit kepala, payudara lembut, dan jerawat. Perubahan hormon mungkin untuk disalahkan. Stres, kurang olahraga, dan beberapa kekurangan vitamin dapat membuat gejala-gejala buruk. Jika PMS mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, berbicara dengan dokter Anda. Perubahan gaya hidup dan obat-obatan sering dapat membantu.
Grafik menunjukkan perubahan hormon selama siklus haid yang normal.
Kram Menstruasi
Setiap bulan, rahim membangun suatu lapisan jaringan yang disebut endometrium, di mana embrio dapat implan dan tumbuh. Jika Anda tidak hamil, lapisan menjadi rusak dan meninggalkan tubuh sebagai periode menstruasi Anda. Kram menstruasi dapat terjadi ketika kontrak rahim untuk membantu mendorong keluar darah ini. Kram biasanya terasa di perut bagian bawah atau belakang dan terakhir satu sampai tiga hari.
Kehamilan ektopik
Ini adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa yang membutuhkan perawatan segera. Ini terjadi ketika sebuah implan embrio dan mulai tumbuh di suatu tempat di luar rahim, biasanya tabung falopi. Gejala-gejala termasuk nyeri panggul yang tajam atau kram (terutama pada satu sisi), perdarahan vagina, mual, dan pusing.  perhatian medis serius sangat diperlukan.
Penyakit inflamasi panggul
Salah satu komplikasi paling serius dari PMS adalah penyakit radang panggul atau PID. Infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rahim, ovarium, dan tabung fallopi (terlihat di sini, bengkak dan merah). Bahkan, itu penyebab utama infertilitas pada wanita. Gejala meliputi sakit perut, demam, keputihan abnormal, dan rasa sakit saat berhubungan seks atau buang air kecil. PID diobati dengan antibiotik, dan pada kasus berat, pembedahan.
Kista ovarium

Folikel Sebuah rumah telur jatuh tempo selama siklus menstruasi dan melepaskan telur saat Anda berovulasi. Kadang-kadang, follicle tidak terbuka untuk melepaskan telur atau recloses setelah melepaskan telur dan membengkak dengan cairan, membentuk suatu kista ovarium. Hal ini biasanya tidak berbahaya dan pergi dengan sendirinya. Namun kista yang besar dapat menyebabkan nyeri panggul, berat badan, dan sering buang air kecil. Kista ovarium dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan panggul atau USG.Baca selengkapnya untuk pengobatan alami kista ovarium.
Uterine Fibroid/Miom

Fibroid tumbuh di dinding rahim dan kadang-kadang disebut tumor fibroid, tetapi mereka tidak kanker. Fibroid yang umum pada wanita di usia 30-an dan 40-an dan biasanya tidak menimbulkan masalah. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami tekanan di perut, nyeri pinggang, titik berat, seks menyakitkan, atau kesulitan hamil. Bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan untuk mengecilkan atau menghapus fibroid bermasalah.Baca selengkapnya untuk pengobatan alami fibroid uterus.
Endometriosis
Pada beberapa wanita, jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Pertumbuhan bisa terbentuk pada ovarium, saluran telur, kandung kemih, usus, dan bagian tubuh lainnya. Ketika waktunya untuk periode Anda, memecah rumpun ini, tetapi jaringan tidak memiliki cara untuk meninggalkan tubuh. Meskipun ini jarang berbahaya, dapat menyebabkan rasa sakit dan menghasilkan jaringan parut yang dapat membuatnya sulit untuk hamil.
Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dimulai ketika kuman masuk ke saluran kemih. Sebuah ISK dapat menyebabkan masalah di mana saja dari uretra ke kandung kemih dan naik melalui ureter sampai ke ginjal. Gejala termasuk tekanan di panggul bawah, buang air kecil sakit, dan mendesak sering untuk buang air kecil. Infeksi biasanya tidak serius jika segera diobati. Tetapi ketika menyebar ke ginjal, dapat menyebabkan kerusakan permanen. Tanda-tanda infeksi ginjal termasuk demam, mual, muntah, dan nyeri di satu sisi punggung bawah.
Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan garam dan mineral yang tersimpan dalam urin. Mereka dapat sebagai kecil sebagai butiran pasir atau sebagai besar sebagai bola golf. Sebagai batu berpindah dari ginjal ke kandung kemih Anda, mereka dapat memicu tiba-tiba, menyiksa nyeri pada perut atau daerah panggul. Urin Anda mungkin menjadi merah muda atau merah dari darah. Periksa dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda memiliki batu ginjal. Kebanyakan akan lulus dari sistem anda sendiri, tetapi beberapa memerlukan pengobatan.Pengobatan alami batu ginjal klik disini.
Interstisial Cystitis (IC)

Interstitial cystitis (IC) adalah suatu kondisi nyeri kronik yang berhubungan dengan radang kandung kemih. Penyebabnya tidak diketahui. Orang dengan IC parah mungkin perlu buang air kecil beberapa kali satu jam. Gejala lain termasuk tekanan di atas daerah kemaluan, buang air kecil sakit, dan nyeri saat berhubungan seks. Kondisi ini paling umum pada wanita di usia 30-an dan 40-an. Meskipun tidak ada obat, ada cara untuk mengurangi gejala.
Penyakit Menular Seksual
Nyeri panggul adalah tanda peringatan untuk beberapa penyakit menular seksual (PMS) Dua yang paling umum adalah klamidia dan gonore (yang ditampilkan di sini melalui mikroskop); mereka sering terjadi bersama-sama. Mereka tidak selalu menimbulkan gejala, tetapi ketika mereka melakukannya, mereka dapat memicu nyeri panggul, buang air kecil sakit, perdarahan antara periode, dan keputihan abnormal. Sangat penting untuk mencari pengobatan untuk mencegah komplikasi serius dan menghindari menulari pasangan Anda.
Turunnya Organ panggul
Banyak wanita akan memiliki beberapa jenis prolaps organ panggul dengan bertambahnya usia mereka. Hal ini terjadi ketika organ, seperti kandung kemih atau rahim, tetes ke posisi lebih rendah. Ini biasanya bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi dapat menjadi tidak nyaman. Gejala yang paling umum adalah tekanan terhadap dinding vagina, perasaan penuh di perut bagian bawah, ketidaknyamanan di selangkangan atau punggung bawah, dan seks menyakitkan. Pilihan pengobatan berkisar dari latihan khusus untuk operasi.
Kemacetan Sindrom panggul
Varises biasanya terjadi di kaki (dilihat di sini, di paha atas), dan mereka kadang-kadang dapat berkembang di panggul. Darah punggung di pembuluh darah panggul, membuat mereka menjadi bengkak dan nyeri. Hal ini dikenal sebagai sindroma kongesti pelvis. Rasa sakit cenderung lebih buruk ketika Anda duduk atau berdiri. Berbaring dapat memberikan bantuan. Ada prosedur invasif minimal untuk mengobati sindrom kemacetan panggul.
Jaringan parut
Jika Anda pernah menjalani operasi di daerah perut panggul atau lebih rendah, seperti usus buntu atau C-section, atau infeksi di daerah tersebut, Anda bisa memiliki rasa sakit terus menerus dari jaringan parut. Adhesi adalah jenis jaringan parut internal yang terbentuk di antara organ-organ atau struktur yang tidak dimaksudkan untuk dihubungkan. Adhesi perut dapat menyebabkan masalah rasa sakit dan lainnya, tergantung lokasi mereka. Dalam beberapa kasus, adhesi harus pembedahan.
Vulvodynia
Vulvodynia adalah vulva sakit kronis yang tidak diketahui penyebabnya. Rasa sakit mempengaruhi area di sekitar pembukaan vagina. Hal ini dapat konstan atau berulang dan sering digambarkan sebagai membakar, menyengat atau sensasi berdenyut-denyut . Kegiatan bersepeda dan aktivitas seksual bisa membuat sakit lebih parah. Hal ini tidak disebabkan oleh infeksi. Dan diagnosis vulvodynia dibuat hanya setelah mengesampingkan penyebab lain dari nyeri vulva. Pilihan pengobatan berkisar dari obat untuk terapi fisik.
Sakit Selama Seks

Nyeri saat berhubungan seks (dispareunia) dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi telah kita bahas, yang sebagian besar dapat diobati. Alasan lain untuk seks menyakitkan adalah infeksi vagina atau lubrikasi cukup. Kadang-kadang tidak ada penjelasan medis untuk nyeri saat berhubungan seks. Dalam kasus-kasus, terapi seksual mungkin bermanfaat. Jenis terapi dapat membantu menyelesaikan konflik batin tentang seks atau penyalahgunaan masa lalu.
Nyeri panggul kronis Nyeri panggul kronis terjadi di bawah perut tombol dan berlangsung minimal 6 bulan. Mungkin cukup parah untuk mengganggu tidur Anda, karir, atau hubungan. Langkah pertama menuju mendapatkan kembali kehidupan Anda adalah melihat dokter Anda untuk diagnosis. Sebagian besar kondisi yang telah kita bahas merespon dengan baik terhadap pengobatan. Kadang-kadang, bahkan setelah banyak pengujian, penyebab nyeri panggul masih merupakan misteri. Tapi dokter masih bisa membantu Anda menemukan cara untuk merasa lebih baik.(Sumber dari Web MD).

8 komentar:

  1. kenapa perut istri sy sering berdenyut nyeri? apa penyebabnya?

    BalasHapus
  2. Saya sering sering merasa nyeri perut bagian pusar bawah..beberapa bln lalu saya habis aperasi usus buntu.. trs ap pnybab rasa nyeri perut saya..? Untk masalah buang air kecil ate haid tdk ada mslah..

    BalasHapus
  3. perut bagian bawah kanan saya sering sakit bahkan sampai organ kemaluan saya yg sebelah kanan sering sakit. itu mengidap penyakit apa dan di sebabkan oleh apa.

    BalasHapus
  4. Bagian perut bawah diatas kemaluan saya sangat sakit dan bawaannya ingin bak trus padahal paling yang kluar sedikit dan berwarna cokelat dan sangat perih atau panas itu gejala apa ya suka nangis rasanya

    BalasHapus
  5. Perut saya yg sebela kanan di bawah pusar kadng2 sakit. Trus sakitnya itu kaya d tujuk2 jarum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya boleh jawab itu usus buntu mba. saya sering baca artikel ttg usus buntu, nyeri perut dll .

      Hapus
  6. Saya suka sakit di bagian bawah perut sakitnya cepat cenut, klo saya terlentang lebih sakit, jadi saya harus meringkuk ke samping, dan saat pipis juga sakit cenut", tapi itu kadang muncul kadang engga, hilang sendiri, itu knpa yah

    BalasHapus