Kamis, 17 Mei 2012

KHASIAT BUAH KURMA MATANG DAN KURMA MUDA

Kurma mengandung asa salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, antiinflamasi (radang), dan menghilangkan rasa ngilu ataupun nyeri. Selain itu, asam salisilat dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Asam salisilat juga dapat memengaruhi produksi hormone prostat yang masuk ke dalam kelompok asam lemak hidroksida untuk merangsang kontraksi otot dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan asam salisilat dalam kurma belum terbukti dapat menyamai aspirin dengan dosis biasa, tetapi mengonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah cukup diharapkan dapat berperan dalam mencegah stroke dan serangan jantung. Dalam jangka panjang, konsumsi makanan yang mengandung asam salisilat tinggi seperti kurma diharapkan memberikan fungsi yang kurang lebih sama dengan aspirin terhadap pencegahan stroke dan serangan jantung.

C. Mencegah Perdarahan Rahim
Kurma mengandung asam nikotinat dan hormone potuchsin.
Kekurangan asam nikotinat atau vitamin B3 ini dapat menyebabkan penyakit pellagra, yakni terganggunya penyerapan triptofan di usus dan ginjal. Untuk mencegah timbulnya gejala-gejala, penderita memerlukan niasin dosis tinggi. Gejala penyakit ini adalah gangguan pencernaan, seperti mual, hilangnya nafsu makan, serta diare yang berbau busuk dan kadang-kadang berdarah. Seluruh saluran pencernaan dapat terkena, misalnya lambung tidak mampu mengahasilkan cukup asam (aklorhidria) dan mulut mengalami peradangan yang kemudian warnanya berubah menjadi merah tua terang. Pada akhirnya, terjadi perubahan mental, berupa kelelahan, insomnia (sulit tidur), dan apatis. Adapun hormone potuchsin berperan untuk mencegah perdarahan rahim melalui efek penciutan pembuluh darah.
Kurma mempunyai manfaat lain, yaitu mengurangi ketegangan mental, hysteria, dan insomnia. Efek tersebut sangat berguna bagi ibu hamil agar tetap rileks dan tengan menghadapi kehamilannya sehingga mengurangi risiko terjadi perdarahan rahim. Namun, penderita diabetes mellitus tidak boleh banyak mengonsumsi kurma. Kandungan gula monosakarida yang cukup tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.
D. Otak Encer Selama Berpuasa
Kurma mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya zat besi, magnesium, dan kalium. Zat besi sangat penting untuk mencegah anemia. Gejala anemia adalah mudah lelah, pusing, pandangan berkunang-kunang, dan susah berkonsentrasi. Magnesium dapat membant fungsi saraf dan otot, termasuk pengaturan irama jantung agar tetap normal. Pada 100 g kurma terdapat sekitar 34 mg magnesium. Kalium diperlukan untuk mengubah glukosa menjadi glikogen sebagai sumber energy. Kalium membantu proses penyimpanan karbohidrat yang diperlukan otot sebagai bahan bakarnya. Mineral juga mempunyai peranan penting dalam membantu kinerja sistem dan impuls saraf pencernaan dan kontraksi otot. Jumlah kalium yang cukup dapat memompa kelebihan natrium dalam sistem kerja kardiovaskuler sehingga dapat berjalan normal. Kekurangan kalium dapat menimbulkan keluhan padatulang dan otot serta dapat mengakibatkan amnesia temporer diikti rasa cemas dan bingung. Jumlah kalium dalam kurma sangat signifikan. Dalam100 g kurma terkandung 666 mg kalium. Adapun jumlah natrium hanya 1 mg. Dengan demikian rasio kalium terhadap natrium adalah 666:1.
Otak sangat sensitif terhadap perubahan kadar natrium dalam darah. Gejala awal adanya perubahan kadar natrium adalah menurunnya kesadaran, seperti tidur ;e;a[ da[at dibangunkan sebentar, tetapi segera tertidur kembali. Sejalan dengan semakin buruknya hiponatremia (kekurangan natrium), otot menjadi kaku dan dapat mengakibatkan kejang. Kadar natrium yang tinggi menyebabkan orang merasa tidak haus meskipun seharusnya dia haus.
Bahan pangan dikatakan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila rasio kalium terhadap natrium minimal 5 : 1. Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah, serta memic kerja otot dan simpul saraf.
Kandungan kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Dengan demikian, konsumsi kurma yang kaya kalium akan membuat otak tetap encer saat berpuasa membuat otak tetap encer saat berpuasa dan tubuh selalu dalam keadaan bugar. Anggapan bahwa berpuasa membuat malas dan lemas harus segera dikikis dengan memperbanyak konsumi kurma.
A. Kandungan Kalium dan Pencegahan Stroke
Kalium yang banyak terkandung dalam kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena berfungsi untuk menstabilkan denyut jantung, mengakifkan kontraksi otot-otot jantung, sekaligus mengatur tekanan darah. Oleh karena itu, kalium bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg per 100 g, dapat mengurangi risiko stroke. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi membuktikan bahwa kalium dapat menurunkan risiko sengarangan stroke.
Penelitian-penelitian tersebut sudah berhasil membuktikan bahwa kalium yang terkandung dalam kurma dapat menurunkan risiko serangan stroke. Penelitian tersebut antara lain sebagai berikut.
Penelitian terhadap pola makan 859 responden usia 50 tahu ke atas yang dilakukan di California Utara, Amerika Serikat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kalium lebih banyak (meskipun hanya dengan perbedaan konsentrasi yang kecil) memiliki risiko terkena penyakit stroke 12 tahun lebih rendah. Sebaliknya, orang yang konsumsi kaliumnya rendah memiliki risiko terserang stroke lebih tinggi, dengan peluang meninggal sekitar 2,6 kali pada lelaki dan 4,8 kali pada wanita. Para peneliti tersebut akhirnya berkesimpulan bahwa dengan mengonsumsi satu jenis tambahan makanan kaya kalium (dengan hitungan minimal 400 mg per hari), misalnya kurma sebanyak 5 butir), risiko fatal akibat stroke dapat turun hingga 40%.
Selain itu, dalam penelitian yang pernah dilakukan di California Utara, Amerika Serikat, diketahui bahwa perbedaan kecil konsentrasi kalium pada pola makanan dapat menurunkan usia risiko terkena stroke hingga 12 tahun kemudian.
Penelitian lain juga menyatakan bahwa seseorang dengan asupan kalium mencapai 3.500 g setiap hari memiliki risiko rendah untuk meninggal akibat penyakit stroke. Sebaliknya, orang yang secara teratur mengonsumsi kalium paling rendah (kurang dari 1.950 g perhari0 memiliki risiko terserang stroke yang lebih besar.
Seorang pakar hipertensi dari Universitas di Minnesota, Amerika, yakni dr. Louis Tobian mengatakan bahwa makanan tinggi kalium dapat menstabilkan tekanan darah yang akan mencegah risiko stroke. Secara teoritis, ia menerangkan bahwa kalium berperan dalam menjaga dinding pembuluh arteri agar tetap elastic dan mengoptimalkan fungsinya sehingga tak mudah rusak akibat tekanan darah yang tinggi. Dengan menurunnya risiko stroke, aktivitas kalium juga akan berperan dalam pencegahan penyakit jantung yang pada dasarnya berhubungan dengan optimalitas fungsi pembuluh darah.
Kandungan asam salisilat dalam kurma juga turut membantu stabilitas pembuluh darah. Fungsi asam salisilat hampir sama dengan efek yang ditimbulkan aspirin atau jenis obat peredam nyeri yang banyak digunakan penderita stroke. Fungsi aspirin dalam mencegah pembekuan darah dan mengendalikan hipertensi berpengaruh bagi kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Mengonsumsi kurma secara teratur sudah terbukti dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Berdasarkan hal ini, para ahli menyimpulkan bahwa dosis rendah dalam konsumsi makanan yang mengandung asam salisilat tinggi seperti kurma juga akan memberikan fungsi yang kurang lebih sama dengan aspirin terhadap pencegahan stroke.
F. Manfaat Lain Kurma
Di pasaran, terdapat 26 jenis kurma. Jenis ajwah merupakan kurma yang paling mahal karena kepopulerannya. Meskipun belum memiliki data ilmiah yang pasti, kurma ajwah dipercaya dapat berfungsi sebagai obat dan penangkal racun yang baik. Kurma ambar juga sangat popular sebagai makanan kesukaan nabi. Selain itu, terdapat pula kurma jenis sukari. Kurma jenis ini berukuran besar dan berwarna cokelat terang. Kurma sukari diyakini dapat menambah tenaga, khususnya bagi laki-laki. Untuk perempuan, terdapat kurma lubanah yang berarti kurma susu. Kurma jenis ini berukuran kecil dan agak keras. Oleh karena itu, sebelum dimakan, kurma ini harus direbs dahulu. Kurma lubanah diyakini sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, yakni untuk menambah air susu ibu (ASI). Meskipun belum memiliki bukti ilmiah yang cukup, sebagian masyarakat percaya bahwa setiap kurma mempunyai khasiat masing-masing. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk membeli kurma jenis tertentu karena yakin terhadap khasiatnya.
Dalam penyajiannya, terdapat kuram yang dimakan dalam keadaan segar dan ada pula yang dimakan setelah mengalami proses pengeringan. Kurma juga memiliki pengaruh penting bagi pembentukan sebagian enzim vital pada kerja organ pernapasan, yakni dalam meregang dan mengerutnya otot serta menyeimbangkan zat asam. Zat magnesium dalam kurma juga dapat menghambat proses penuaan. Biji kurma mengandung fito hormone dan zat antipenuaan. Hormone tersebut memiliki peran yang penting dalam proses penuaan kulit.
Sebanyak 10 orang wanita berusia 46 -50 tahun berperan dalam penelitan. Dengan mengoleskan krim dengan formula yang mengandung 5% biji kurma dan placebo di sekitar mata seari 2 kali selama 5 minggu, keriput di permukaan wajah dapat dikurangi hingg 27 %. Kedalaman keriput pun dapat dikurangi hingga 8,52%.
Kurma mentah atau ruthab, yakni kurma mengkal atau setengah matang di pohon, memiliki kandungan hormone bitosin. Hormone ini berperan khusus untuk kerja gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim. Oleh karena itu, kurma dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya perdarahan rahim. Kurma mengandung hormone yang mirip hormone oksitosin, yakni hormone yang dihasilkan oleh neurohipofisa. Hormone tersebut bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran. Hormone oksitosin tersebut akan menyatu dengan reseptornya untuk memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situ akan terjadi proses kelahiran.
Hormon oksitosin dialirkan melalui darah menuju payudara. Hormone tersebut akan merangsang otot-otot yang mengelilingi pabrik ASI untuk berkontraksi sehingga ASI diperas keluar menuju saluran ASI. Selain daging buahnya, biji kurma mentah ini juga bermanfaat, dalam pengobatan Hemeopathy, yakni pengobatan tanpa menggunakan bahan kimia, biji kurma sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, antara lain penyakit hati dan batu ginjal. Biji kurman mentah dihaluskan atau dijadikan serbuk seperti teh, direndam lalu diminum. Biji kurma dapat pula diekstrak menjadi minyak yang dapat digunakan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Selain itu, biji kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yakni dengan cara direndam dan digiling. Biji-biji kurma dapat diolah menjadi tepung dengan kandungan antioksidan yang tinggi dibanding buahnya. Tepung biji kurma dapat digunakan sebagai campuran pembuatan biscuit, cake atau roti. Biji kurma yang disangrai dan digiling halus dapat digunakan sebagai campuran kopi sebagai bahan tambahan. Kandungan antioksidan dalam biji kurma lebih tinggi dibandingkan buahnya. Kandungan antioksidan pada biji kurma varietas mabseel, um sllah dan shahal berjumlah 580-929 (TE)/g sedangkan pada daging buah berjumlah 146-162 (TE)/g. Kandungan total fenolik berjumlah 3102-4430 GA/100 gram dan dalam daging buah berjumlah 186-246 GA/100 g. adapun kandungan serat pangannya berjumlah 77,75-89,15 g/100 g sedangkan dalam daging buah berjumlah 5,94-8,46 g/100 g.
Tabel Kandungan Kimia Biji Kurma Kultivar Deglet Nour dan Allig Asal Tunisia
Parameter
Deglet nour
Allig
Kadar air g/100 g
9,4 ± 0,18
91,4 ± 0,09
Lemak g/100 g
10,19 ± 0,11
12,67 ± 0,26
Protein g/100 g
5,56 ± 0,02
5,1 ± 0,78
Abu g/100 g
1,15 ± 0,02
1,12 ± 0,05
Potassium mg/100 g
229 ± 9,57
293 ± 21,43
Magnesium mg/100 g
51,7 ± 2,40
58,4 ± 1,33
Calcium mg/100 g
38,6 ± 1,84
28,9 ± 0,39
Phosphorous mg/100 g
68,3 ± 1,84
83,66 ± 2,44
Sodium mg/100 g
10,4 ± 0,60
10,25 ± 0,57
Besi mg/100 g
2,3 ± 0,21
2,21 ± 0,26
Total karbohidrat g/100 g
6313 ± 0,33
81,0 ± 0,91
Sumber : Besbes et al,2004
Tabel Kandungan Kimia Tepung Biji Kurma Sangria
Parameter
Hasil penelitian
Komersial
Gula reduksi g/100 g
1,09
Gula non reduksi g/100 g
1,84
Gula total g/100 g
2,93
Air g/100 g
1,66
Protein g/100 g
6,90
7,17-9
Lemak g/100 g
7,95
6,8-9,32
Abu g/100 g
0,96
Karbohidrat g/100 g
61,90
65,5
Serat kasar g/100 g
21,00
6,4-13,6
Mineral
0,89-1,57
Sodium mg/100 g
165,0
Potassium mg/100 g
2540,90
Calcium mg/100 g
191,76
Besi mg/100 g
21,33
Copper mg/100 g
5,33
Magnesium mg/100 g
789,48
Zinc mg/100 g
6,19
Manganese mg/100 g
1,53
Phosphorus mg/100 g
1300
Lead mg/100 g
<0,05
Cadminum mg/100 g
<0,05
Chromium mg/100 g
<0,05

Asam lemak
Capric g/100 g
0,35
Lauric g/100 g
38,81
8
Pentadecanoic g/100 g
0,043
Palmitic g/100 g
15,09
25
Oleic g/100 g
36,51
10
Stearic g/100 g
9,20
10
Myrietic
4
Table : Kandungan Asam Lemak Pada Minyak Biji Kurma (G/100 G)
Parameter
Deglet nour
Allig
Cupric
0,80 ± 0,13
0,07 ± 0,0
Lauric
17,8 ± 0,80
5,81 ± 0,25
Myristic
9,84 ± 0,09
3,12 ± 0,0,06
Myristoleic
0,09 ± 0,15
0,04 ± 0,03
Palmitic
10,9 ± 0,17
15,0 ± 210,31
Palmitoleic
0,11 ± 0,19
1,42 ± 0,01
Stearic
5,67 ± 0,20
3,00 ± 0,03
Aloeic
41,3 ± 0,76
47,7 ± 1,11
Linoleic
12,2 ± 0,5
21,0 ± 0,29
Linolenic
1,68 ± 0,5
0,81 ± 0,38
Safa (Saturated fatty acid)
44,30 ± 0,96
27,0 ± 0,66
Mufa (Monounsaturated fatty acid)
41,45 ± 1,10
49,200 ± 1,15
Pufa (Poly ansaturated fatty acid)
14,0 ± 1,62
21,8 ± 0,68
Sumber : Besbes S. at al, 2004
Buah kurma mentah atau muda ini sebenarnya cukup banyak tersedia di Mekkah atau Madinah. Namun, akan sulit diperoleh jika permintaan pasar cukup tinggi. Biasanya, kurma muda hanya dijual di pasar tradisional atau masjid tempat miqat. Di Madinah barang yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit ini dapat diperoleh di Masjid Quba sekitar 10 km dari Masjid Nabawi. Kurma muda dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Di Indonesia, sudah banyak pula yang membuktikan hal tersebut dan berhasil mempunyai anak setelah lama menanti kehadirannya. Di Indonesia produk ini masih jarang, untuk mendapatkannya seseorang biasa menitipkan kepada kerabat yang berangkat haji atau umroh. Kini bubuk kurma muda telah diproduksi, penggunaannya diseduh dengan air dan dicampur dengan madu.
Kurma banyak mengandung serat yang sangat baik untuk usus, fungsi serat adalah mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Hasil penelitian menemukan bahwa serat makanan banyak memiliki manfaat antara kaib mencegah dan menyembuhkan kanker usus besar dan luka serta benjolan dalam usus. Serta juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah, serat makanan yang dimaksud ini termasuk golongan karbohidrat yang terdiri atas selulosa, hemiselulosa, pectin dan gum. Kanker usus besar disebabkan karena kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat karsinogen terutama dengan konsentrasi senyawa karsinogen yang tinggi dalam waktu yang lama. Senyawa karsinogen berasal dari makanan yang mengandung precursor. Dalam sistem pencernaan, senyawa precursor dapat diubah menjadi senyawa karsinogen oleh enzim pencernaan dan aktifitas flora usus. Kontak senyawa karsinogen dengan sel usus dapa mengubah sel-sel usus menjadi sel-sel kanker. Bila jarang mengonsumsi makanan yang berserat, feses yang terbentuk kecil dan bertekstur keras. Bentuk feses semacam ini menyebabkan konsentrasi zat karsinogen yang mungkin ada didalamnya pekat sedangkan bentuk feses kecil dan keras menyebabkan transit makanan, sejak dimakan sampai menjadi feses menjadi lama. Akibatnya akan terjadi kontak antara zat karsinogen dalam konsentrasi tinggi dan dinding usus besar dalam waktu yang lama. Proses ini dapat menyebabkan terbentuknya sel-sel kanker. Serat makanan mempunyai daya serap air yang tinggi. Adanya serat makanan dalam feses menyebabkan feses dapat menyerap air yang banyak sehingga volumenya menjadi besar dan teksturnya lunak. Adanya volume besar akan mempercepat kontraksi usus untuk lebih cepat mengeluarkan feses.
Sementara itu, kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dan banyak mengandung potassium baik untuk sistem saraf. Kurma tidak hanya dapat dimakan secara langsung tetapi dapat pula diolah menjadi berbagai macam bentuk seperti selai, campuran kue, masakan dan minuman. Agar tidak membosankan, variasikan olohan kurma dengan kacang tanah, kacang almond atau kacang mete.
Khasiat lain kurma untuk kesehatan adalah sebagai berikut :
1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, kurma dapat melancarkan pencernaan dan mencgah peradangan usus.
2. Bagi ibu yang sedang menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu. Kurma pun berperan dalam pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma akan tumbuh menjadi anak yang cerdas
3. Kurma dipercaya membri tambahan tenaga untuk ibu hamil, bahkan menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim sehingga proses melahirkan lebih mudah. Kurma juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
4. Kurma dapat membantu pertumbuhan tulang karena mengandung kalsium, fosfor dan magnesium yang sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan menghambat osteoporosis.
5. Kurma dapat mengatasi rematik karena kandungan kalium dan asam salisilat yang ada didalamnya dapat mengurangi rasa nyeri akibat reumatik.
6. Kurma sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.
7. Kurma membantu menguatkan daya ingat
8. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Kandungan vitamin A yang disebut juga sebagai vitamin kulit dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan membrane kulit tetapi kecantikan menggunakan kurma juga dikenal di negara Barat.
9. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.
10. Bagi penderita batuk, kandungan gula kurma dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan sekaligus menghentikan batuk.
11. Asam nikotinat atau vitamin B3 yang terkandung dalam kurma berkhasiat mengurangi penyakit insomnia
12. Karbohidrat yang terkandung dalam kurma cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
13. Kurma mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak. Kandungan kalium yang tinggi dalam kurma akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar