Selasa, 12 Maret 2013

Usia ideal untuk Hamil

Kehamilan dapat terjadi kapan saja, sepanjang seorang wanita masih mengalami ovulasi (pematangan sel telur) yang ditandai dengan haid atau menstruasi. Ovulasi umumnya mulai terjadi pada usia 11 tahun dan baru berhenti setelah menopause, yaitu sekitar usia 50 tahun.

Kesuburan seorang wanita mencapai puncaknya antara usia 18 sampai dengan 25 tahun. Pada usia sekitar 25 atau 26 tahun, kesuburan mulai menurun. Kesuburan terus menurun secara bertahap selama 10 tahun berikutnya. Setelah usia 35 tahun, kesuburan menurun lebih cepat dan jika seorang wanita mencapai usia 40 tahun, biasanya akan lebih sulit mengalami kehamilan. Sekitar 2/3 wanita mengalami masalah kesuburan saat usianya di atas 40 tahun.

Walaupun puncak kesuburan terjadi antara 18 sampai 25 tahun, usia ideal untuk hamil pertama kali adalah pada usia sekitar 21 tahun. Mengapa? Karena pada usia ini, seorang wanita tidak hanya siap secara biologis, tapi juga secara psikologis.

Untuk kehamilan selanjutnya, sebaiknya tidak melebihi usia 34 tahun, karena kehamilan pada usia 35 tahun ke atas termasuk kategori resiko tinggi dan memerlukan perhatian dan penanganan khusus. Selain itu, jarak kelahiran tidak terlalu rapat. Beberapa ahli merekomendasika­n sekitar 4 – 5 tahun.

(sumber : catatandokter.c­om/2012/03/­usia-ideal-untuk­-hamil.html)

Namun tidak ada yang mustahil bagi Allah SWT. dan tidak menutup kemungkinan bagi seorang wanita untuk hamil di atas 40 tahun. karena menurut pengalaman ada beberapa wanita yang bisa hamil dan melahirkan diatas usia 40 tahun.

1 komentar:

  1. sebagai pelengkap informasi Anda saya mohon ijin untuk merekomendasikan suatu buku panduan dari dokter spesialis kehamilan.Info lengkap silakan klik :
    http://tipshamil.com/?ref=cch

    BalasHapus