Selasa, 14 Desember 2010

HCG (Human Chorionic Gonadotropin)

Apakah Hormon HCG dan sifatnya di dalam tubuh manusia?
human Chorionic Gonadotropin (HCG) adalah sejenis Glikoprotein yang dihasilkan oleh plasenta dalam kehamilan. Namun selama plasenta belum terbentuk, hormon ini dihasilkan sel-sel fungsi tropoblas. Setelah umur kehamilan memasuki 12-13 minggu,hormon HCG  ini dihasilkan oleh plasenta. Di dalam tubuh, hormon ini bersifat mempertahankan korpus luteum, yakni jaringan di ovarium yang menghasilkan progesteron. Hormon progesteron ini berfungsi untuk memelihara atau mempertahankan proses kehamilan, sedangkan korpus luteum ini ditunjang keberadaannya oleh HCG.

Gimana cara mendeteksi HCG dan waktu yang tepat untuk menguji tes kehamilan?
Ada dua cara
. Pertama dengan menggunakan uji kehamilan home pregnancy test (HPT) yang biasa dikenal dengan test pack. Pengecekan kualitatif ini cukup mudah yakni dengan mencelupkan ujung alat ke dalam urin, biasanya alat uji ini memiliki indikator berupa dua buah garis. Waktu yang tepat untuk melakukan tes urin biasanya adalah 4-5 hari atau 1 minggu setelah terlambat haid, karena sebagian besar test pack sudah dapat mendeteksi HCG dengan kadar 50 IU/ml.
Kedua
dengan pengecekan lewat darah. Pengecekan kuantitatif ini lebih akurat tentunya karena biasanya yang diukur adalah jumlah subunit beta
 hormon HCG (ß-hCG). Pemeriksaannya menggunakan metode enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Tes melalui darah ini lebih cepat dibandingkan dengan urin, karena sebenarnya kadar HCG sudah ada dalam darah sejak implantasi terjadi, atau sejak terjadi pembuahan pada hari ke 8 sudah terdapat beta HCG sehingga bisa terdeteksi lewat darah. Hanya saja pemeriksaan lewat darah masih sangat jarang karena harganya relatif mahal.

Kadar hormon HCG yang ideal untuk ibu hamil? Apa umur ibu mempengaruhi?
Jumlah kadar HCG yang ideal bisa berubah atau berbeda-beda tergantung pada usia kehamilan. Kadar HCG yang ideal adalah tidak terlalu rendah, maupun tidak terlalu tinggi. Jumlah hormon HCG tidak ditentukan oleh umur si ibu, jadi yang benar-benar mempengaruhi jumlah kadar HCG adalah usia kehamilan.

Kadar HCG minimal yang bisa terdeteksi? Bila kadar HCG rendah atau tinggi?
Kadar beta HCG ang bisa terdeteksi pada kehamilan 5 minggu yakni sekitar 22 IU/ml. Bila kadar HCG-nya rendah bisa menyebabkan keguguran. Sedangkan kalau kadar HCG-nya terlalu tinggi harus dicurigai karena bisa menyebabkan hamil anggur.

Apakah tingkat stres juga mempengaruhi kehamilan?

Tidak dapat dipungkiri, stres pasti berpengaruh terhadap normalitas metabolisme dalam tubuh manusia, dan bisa mengganggu proses2 tersebut. Apalagi pada orang hamil. Seyogyanya, pada orang hamil menghindari stres baik fisik maupun psikis karena berdampak pada kehamilannya itu. Banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan kontrol ke dokter untuk antenatal care karena pada minggu2 awal sering terjadi "morning sickness" (mual, muntah, lemas, dll). Pada minggu2 awal bisa terjadi perdarahan (abortus). Abortus adalah ancaman/pengeluaran hasil pembuahan (konsepsi) dengan berat badan janin <500 gram atau kehamilan kurang dari 20 minggu. Mungkin yang dimaksud Agan Keplak adalah abortus iminen. Ada pula yang disebut abortus insipien (Abortus Iminen: Perdarahan minimal dengan nyeri/tidak Uterus sesuai dengan umur kehamilan, Servike belum membuka, Test hamil: positif, USG: Produk kehamilan dalam betas normal; Abortus Insipien: Perdarahan dengan gumpalan darah, Nyeri lebih kuat, Servike terbuka den teraba ketuban, Hasil konsepsi masih berada dalam kavum uteri. Pada abortus iminen penanganannya terdiri atas istirahat baring untuk menambah aliran darah ke uterus dan mengurangi rangsangan mekanis. Mudah2an bisa membantu.

1 komentar:

  1. Maaf sy mw tny,kl hpht saya 30 januari dan tes beta hcg tgl 27 feb hasilnya 211.25 apakah itu positif hamil?dan ada yg blg kl hasil di atas 200 utk usia kehamilan tsb bs tjd kemungkinan kehamilan kembar?Apakah benar?mhn penjelasannya.thx

    BalasHapus