Rabu, 04 Januari 2012

Menorrhagia (Darah Menstruasi Terlalu Banyak)

Menorrhagia adalah istilah untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan yaitu kehilangan lebih dari 80ml selama periode menstruasi. Studi populasi menunjukkan bahwa kehilangan darah menstruasi yang normal adalah 30-40 ml.

Kondisi yang berkaitan yang mungkin tumpang tindih dengan menorrhagia meliputi:
Metrorrhagia – aliran yang tidak teratur atau sering, nonsiklik
Menometrorrhagia – sering, berlebihan, aliran tidak teratur (menorrhagia ditambah metrorrhagia)
Polymenorrhea – aliran sering, siklus 21 hari atau kurang
Intermenstrual perdarahan – Perdarahan menstruasi yang teratur antara
Rahim disfungsional pendarahan (DUB) – perdarahan endometrium abnormal menyebabkan hormon dan terkait dengan anovulasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien dengan menorrhagia memiliki peningkatan dalam aliran darah menstruasi selama tiga hari pertama (hingga 92% dari total menstruasi yang hilang pada saat itu). Hal ini menunjukkan bahwa mekanisme yang bertanggung jawab untuk berhenti menstruasi adalah sebagai efektif pada wanita yang memiliki menorrhagia seperti pada perempuan normal, meskipun kehilangan darah yang sangat banyak.

Kondisi yang berkaitan yang mungkin tumpang tindih dengan menorrhagia meliputi:
Metrorrhagia – aliran yang tidak teratur atau sering, nonsiklik
Menometrorrhagia – sering, berlebihan, aliran tidak teratur (menorrhagia ditambah metrorrhagia)
Polymenorrhea – aliran sering, siklus 21 hari atau kurang
Intermenstrual perdarahan – Perdarahan menstruasi yang teratur antara
Rahim disfungsional pendarahan (DUB) – perdarahan endometrium abnormal menyebabkan hormon dan terkait dengan anovulasi
Menentukan kehilangan darah Anda
Studi yang telah mengukur kehilangan darah telah menunjukkan bahwa pasien dengan menorrhagia memiliki peningkatan dalam aliran darah menstruasi selama tiga hari pertama (hingga 92% dari total menstruasi yang hilang pada saat ini). Hal ini menunjukkan bahwa mekanisme yang bertanggung jawab untuk berhenti menstruasi adalah sebagai efektif pada wanita yang memiliki menorrhagia seperti pada perempuan normal, meskipun kehilangan darah yang sangat banyak.

Penyebab :
Kemungkinan penyebab termasuk yang terkait dengan perubahan hormon seperti estrogen terlalu banyak atau prolaktin, terlalu sedikit atau buruk waktunya hormon luteinizing, dan penyakit ovarium polikistik. Penyebab fisik termasuk obesitas atau kehadiran fibroid, hiperplasia endometrium, polip, kanker, endometriosis, kehamilan ektopik, dan menggunakan IUD.Gangguan perdarahan seperti kekurangan vitamin K atau penggunaan pengencer darah dapat memberikan kontribusi faktor. hipotiroidisme, defisiensi zat besi, dan kekurangan vitamin A.

Perdarahan berat dapat disebabkan oleh estrogen terlalu banyak atau terlalu sedikit progesteron. Terlalu banyak estrogen menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari lapisan endometrium yang kaya darah yang akan dikeluarkan setiap bulan.

Diagnosis dan Tes
Ketika telah ditetapkan bahwa penyebabnya adalah tidak organik (kondisi fisik), laboratorium pengujian (waktu perdarahan, hitung darah lengkap, dan fungsi tiroid) harus dilakukan, dan setiap kelainan dikoreksi.lebih atau kurang dari biasanya, sulit untuk secara akurat menentukan kehilangan darah yang sebenarnya menggunakan perkiraan berdasarkan jumlah tampon atau pembalut yang digunakan. Satu studi menunjukkan bahwa 26% dari wanita dengan hilangnya periode menstruasi normal dianggap mereka berat, sementara 40% dari mereka dengan kerugian besar dianggap periode mereka untuk menjadi moderat atau ringan. [Acta Obstet Gynecol Scand 1966; 45: pp.320-51]

Threatment/perawatan yang dibutuhkan untuk Menorrhagia:

Herbal/botanical : bisa menggunakan vitex agnus cactus, yang mana herbal ini menyeimbangkan hormon2. jadi herbal ini sangat effective untuk penderita menorrhagia. meskipun diperlukan untuk memakai vitex ini untuk beberapa (2-3) bulan untuk memperoleh efek.

Mineral: memperbanyak konsumsi makanan yg kaya akan zat besi.

Vitamin :

-vitamin A
Dalam satu studi, serum retinol kadar (ukuran vitamin A level)ditemukan secara signifikan lebih rendah pada wanita denganmenorrhagia daripada kelompok kontrol sehat. Seseorang tidakboleh melebihi 10.000 IU per hari jika beresiko menjadi hamil.

- Vitamin C, bioflavonoid

Kerapuhan kapiler diyakini memainkan peran dalam banyak kasus menorrhagia. Suplementasi dengan vitamin C dan bioflavonoid telah terbukti mengurangi menorrhagia. Seperti vitamin C dikenal untuk secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi, efek terapeutik juga dapat terjadi karena penyerapan zat besi ditingkatkan.

- vitamin E

Radikal bebas mungkin memiliki peran penyebab dalamperdarahan endometrium, terutama dengan adanya alat kontrasepsi dalam rahim. Satu studi menunjukkan bahwa suplementasi dengan 100 IU untuk 10 minggu menghasilkan peningkatan pada semua pasien. [Int J Fertil 1983; 28: pp.55-6], Perhatian harus dilakukan sebagai dosis tinggi memiliki efek pengencer darah jadi di jangan terlalu banyak dosis vitamin, cukup dengan 100IU saja.



sumber : http://progamhamil.web.id/menorrhagia-haid-berlebihan/#more-83

1 komentar:

  1. Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.
    Wartadokter
    klinikkesehatan
    kesehatankelamin

    BalasHapus